Tangan kesemutan terjadi karena 5 faktor ini, apa saja?

Kesehatan


BERITAASLI.COM – JAKARTA. Hampir semua orang pernah mengalami tangan kesemutan. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menentukan perawatan yang tepat. Salah satu penyebab yang tak banyak disadari adalah tubuh yang kekurangan vitamin.

Healthline mengatakan, salah satu faktor yang bisa menyebabkan tangan kesemutan adalah tubuh yang kekurangan vitamin tertentu. Beberapa jenis vitamin yang bisa menyebabkan kesemutan adalah vitamin B12, vitamin B6, vitamin B1, dan vitamin E.

Biasanya, makanan yang Anda konsumsi setiap hari kurang mengandung vitamin yang dimaksud atau tubuh kesulitan menyerap vitamin-vitamin itu. Selain tubuh yang kekurangan vitamin, masih banyak faktor lain yang menyebabkan kesemutan.

Gagal Ginjal

Ginjal yang tak berfungsi dengan semestinya juga bisa menyebabkan tangan kesemutan. Gagal ginjal biasanya dipicu oleh tekanan darah tinggi atau diabetes. Saat tak berfungsi dengan benar, cairan dan zat sisa akan terkumpul dalam tubuh sehingga mengganggu kesehatan dan menyebabkan kesemutan.

Baca Juga: Menjaga nutrisi saraf dengan konsumsi vitamin B

Hamil

Saat hamil, beberapa bagian tubuh ikut membengkak. Hal itulah yang menyebabkan tekanan pada sistem saraf sehingga Anda mengalami kesemutan. Kondisi ini biasanya bisa hilang seiring berjalannya waktu atau saat ibu hamil sudah melahirkan.

Penyakit Lupus

Salah satu jenis penyakit autoimun, yaitu penyakit lupus juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kesemutan. Penyakit lupus terjadi saat sistem imun justru menyerang jaringan tubuh yang dapat mengganggu bagian tubuh lain, termasuk sistem saraf.

HIV/AIDS

Virus HIV mampu menyerang manusia dan menginfeksi sistem imun tubuh. Hal itu menyebabkan sistem saraf seseorang yang terinfeksi menjadi terganggu. Selain menyebabkan kesemutan, serangan Virus HIV juga dapat menimbulkan mati rasa dan sakit di beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Jangan anggap remeh kesemutan

Neuropati Perifer

Neuropati perifer adalah kerusakan saraf perifer. Biasanya, penyakit ini dipicu oleh penggunaan alkohol yang berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Tak hanya alkohol, Healthline mengatakan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral juga bisa ambil bagian. Hasilnya, seseorang bisa mengalami kesemutan.

Selain penyebab-penyebab yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak faktor lain yang menyebabkan tangan kesemutan. Jika Anda terus mengalami kondisi ini tanpa mengetahui penyebabnya, segera konsultasikan atau periksakan diri ke dokter.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts