MIND ID optimistis balik modal alih kelola Freeport dapat terealisasi pada 2025

Keuangan


ILUSTRASI. Pertambangan emas dan tembaga PT Freeport Indonesia. BERITAASLI/Lamgiat Siringoringo/18/08/2018

Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Holding industri pertambangan MIND ID optimistis payback (balik modal) divestasi 51,23% PT Freeport Indonesia (PTFI) bisa terealisasi pada 2025 mendatang.

Direktur Utama MIND ID Orias Petrus Moedak mengungkapkan balik modal atas pembelian pada Desember 2018 lalu sebesar saham Freeport sebesar US$ 3,8 miliar tersebut berpotensi terjadi pasalnya pada tahun 2023 mendatang revenue diperkirakan mencapai US$ 1 miliar.

“Target payback 2025 pasti akan tercapai karena 2023 penerimaan rencananya kurang lebih minimal US$ 1 miliar sampai US$ 1,5 miliar setiap tahun,” kata Orias dalam RDP Komisi VII, Rabu (31/3).

Sementara itu, Pengamat Ekonomi Energi Universitas Padjajaran Yayan Satyaki pesimistis target tersebut bisa terwujud apalagi dengan kondisi perekonomian di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga: BUMD Papua menyiapkan modal US$ 3 miliar untuk peralihan jatah 10% saham Freeport

“Kalau US$ 3,8 Miliar ini saya kira sangat besar mungkin rasionalnya di masa normal, return on investment di kisaran 7 – 10 tahun dengan skenario moderat,” ujar Yayan kepada BERITAASLI.COM, Rabu (31/3).

Yayan melanjutkan perlu ada koreksi kembali untuk target yang ditetapkan mengingat proses pemulihan ekonomi yang juga melambat akibat third wave pandemi Covid-19.

Di sisi lain, Pemda Papua memastikan tengah membentuk BUMD untuk alih kelola 10% saham PTFI melalui PT Papua Divestasi Mandiri.

Menanggapi kondisi ini, Orias mengungkapkan pembentukan BUMD oleh Pemda Papua memang terlihat lamban namun ia memastikan masih belum terlambat.

Pasalnya, sejak divestasi lalu belum ada divestasi yang dibagikan. Pihaknya pun menargetkan divestasi dapat dimulai pada tahun ini dengan besaran US$ 200 juta. “Tahun buku 2021 baru akan dibagi dividennya,” pungkas Orias.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts