Kerugian akibat macetnya kapal Ever Given di Terusan Suez mencapai lebih US$ 1 miliar

Keuangan


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

BERITAASLI.COM – CAIRO. Kepala Otoritas Terusan Suez pada hari Kamis mengatakan bahwa kerugian dan kerusakan akibat landasan kapal kontainer Ever Given dapat mencapai lebih dari US$ 1 miliar.

Osama Rabie mengatakan kepada media bahwa penyelidikan atas insiden yang mengakibatkan jalur perairan perdagangan penting terblokir untuk pengiriman selama hampir seminggu, telah dimulai pada hari Rabu. Perekam kotak hitam kapal akan mengungkapkan rincian bagaimana kapal raksasa kandas ke samping di seberang kanal, tambahnya.

Pihak berwenang mengatakan tumpukan ratusan kapal sedang ditangani dan Ever Given saat ini sedang menjalani pemeriksaan saat ditambatkan jauh dari saluran navigasi utama Suez.

Rabie menunjukkan bahwa Ever Given akan diizinkan untuk melanjutkan pelayarannya ketika kompensasi telah disepakati, tetapi ia memperingatkan bahwa kapal tersebut akan ditahan jika penyelesaian tidak dapat dicapai. “Kapal itu membawa barang senilai US$ 3,5 miliar. Ada kerja sama dari perusahaan pemilik kapal saat krisis,” ujarnya.

Dia mencatat bahwa penyelidikan atas krisis pelayaran internasional sedang dilakukan oleh tim yang terdiri dari ahli kelautan, hukum, penilaian kerugian, dan teknik sambil memperkirakan bahwa klaim kompensasi Mesir bisa lebih dari US$ 1 miliar.

Baca Juga: Kerugian dari kemacetan Terusan Suez bisa mencapai Rp 14,5 triliun!

Penyumbatan tersebut menahan miliaran dolar dalam perdagangan global setiap hari akibat kanal ditutup. Pada hari Senin, 1.134 kapal melewati Suez dan 81 lainnya pada hari Selasa, dengan kapal kontainer terbesar diberi jalur prioritas.

Menurut Rabie, Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi telah mengarahkan agar pemberian insentif berupa pengurangan 5 persen hingga 15 persen bagi kapal yang terkena dampak insiden tersebut.

“Presiden El-Sisi berbicara kepada saya setiap hari untuk menindaklanjuti perkembangan terbaru dalam masalah kapal yang dilarang berlayar. Senin subuh, Presiden mengumumkan pergerakan kapal, ”imbuhnya.

800 pekerja yang terlibat dalam operasi rumit untuk mengapungkan kembali Ever Given akan menerima bonus dan El-Sisi juga berjanji akan menyelenggarakan upacara perayaan untuk mereka.

Lembaga pemeringkat kredit global DBRS Morningstar mengatakan bahwa total kerugian yang ditanggung oleh asuransi tidak akan terlalu berlebihan karena waktu yang relatif singkat kapal terjebak di kanal, menambahkan bahwa sebagian besar kontrak asuransi menetapkan jumlah pertanggungan maksimum.

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts