Menjaga lingkungan, Ajinomoto Indonesia mengurangi penggunaan air hingga 35%

Keuangan


ILUSTRASI. Pekerja beraktivitas di dalam pabrik pengelolahan bahan baku PT Ajinomoto Indonesia, di Mojokerto, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

BERITAASLI.COM – JAKARTA.  PT Ajinomoto Indonesia terus berupaya menjaga lingkungan. Salah satunya mengurangi penggunaan air hingga 35%. Komitmen ini juga sebagai bentuk dukungan terhadap program  Pemerintah Indonesia dan program dari Ajinomoto Co., Inc, serta menjaga ketersediaan air dalam skala regional. 

Menurut Hariyono, Depuiy Factory Manager Ajinomoto Indonesia Pabrik Mojokerto menyatakan, pihaknya berkomitmen menggunakan air sehemat dan seefisien mungkin dalam semua proses produksi. Sebelum ada proyek perbaikan pengelolaan air limbah atau WMI, pihaknya memanfaatkan sekitar 5,6 juta klilolter (kl) per  tahun. “Sekarang hingga akhir tahun 2020 perkiraannya sekitar 3,6 juta kl per tahun. Artinya kita berhasil mengurangi air hingga 35%,” jelasnya dalam  rilis ke BERITAASLI.COM, Kamis (1/4). 

Meski dengan mengurangi penggunaan , kemampuan produksi MSG (Monosodium Glutamat) dan seasoning lain masih bisa meningkat.  Salah satu caramelakukan penghematan adalah meningkatkan kualitas air (water treatment) dalam proses produksi. “Kami sedang mengerjakan kegiatan reduce, reuse, recovery, dan recycle untuk penggunaan air di setiap aktivitas yang ada,” jelasnya.

Recovery process mengoptimalkan kualitas air sehingga tidak membutuhkan banyak air terbuang. “Selain mengurangi jumlah konsumsi air itu sendiri, kami juga melakukan upaya recycle air dalam proses produksi,” ungkapnya.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts