Yang ditunggu-tunggu! WHO akhirnya rilis laporan resmi soal asal-usul Covid-19

Keuangan


ILUSTRASI. Akhirnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis laporan resmi terkait investigasi mengenai asal-usul virus corona di China. REUTERS/Aly Song

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BERITAASLI.COM – JENEWA. Akhirnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis laporan resmi terkait investigasi mengenai asal-usul virus corona di China. 

Melansir Reuters, sebuah studi bersama WHO-China tentang asal-usul Covid-19 mengatakan, virus itu mungkin ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui hewan lain. Dalam ringkasan laporan yang dilihat Reuters, kebocoran laboratorium “sangat tidak mungkin” sebagai penyebabnya.

WHO tidak segera menjawab pertanyaan yang diajukan Reuters. Akan tetapi, WHO mengatakan laporan lengkap oleh para ahli independen akan diterbitkan pada hari Selasa pukul 14.00 GMT setelah negara-negara anggota telah diberi pengarahan.

Temuan itu, yang pertama kali dilaporkan oleh Associated Press, sesuai dengan apa yang dikatakan para ahli WHO sebelumnya tentang kesimpulan mereka setelah melakukan kunjungan pada Januari-Februari ke kota Wuhan di China tengah, tempat kasus manusia pertama terinfeksi Covid-19 terdeteksi pada akhir 2019.

Baca Juga: Soal asal usul Covid-19, AS berharap laporan WHO akan berdasarkan pada sains

Menurut laporan tersebut, tiga laboratorium di Wuhan yang menangani virus corona memiliki tingkat keamanan hayati yang “terkelola dengan baik” dan berkualitas tinggi, dan tidak ada laporan penyakit pernapasan yang kompatibel di antara staf selama bulan-bulan sebelumnya.

Selain itu, masih berdasarkan laporan WHO, hasil tes untuk virus SARS-CoV-2 terhadap mereka juga negatif termasuk pemeriksaan darah berikutnya untuk antibodi.

Baca Juga: AS minta WHO lakukan kunjungan ulang ke China untuk selidiki asal-usul Covid-19

“Mengingat hal di atas, asal laboratorium dari pandemi dianggap sangat tidak mungkin,” katanya seperti yang dikutip Reuters.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts