Saat kebakaran, tanki di Kilang Balongan berisi 23.000 kl gasoline

Keuangan


ILUSTRASI. Kebakaran kilang Balongan pada Senin (29/3)

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAASLI.COM – JAKARTA. PT Pertamina mengungkapkan, saat insiden kebakaran terjadi pada tanki T-301 di Kilang Balongan, volume gasoline yang terdapat pada tanki tersebut mencapai 23.000 kiloliter (kl).

Adapun, tanki ini berkapasitas 26.000 kl. 

“Insiden terjadi pada tangki T-301 yang berisi produk gasoline berkapasitas 26.000 kl, dan pada saat kejadian berisi 23.000 kl,” kata Manajemen Pertamina dalam keterangan resmi yang diterima BERITAASLI.COM, Senin (29/3).

Lebih lanjut, Pertamina mengungkapkan, kebakaran yang terjadi hari ini melahap total 4 tanki dengan kapasitas total sekitar 100.000 kl. Kilang Balongan sendiri tercatat memiliki 72 tanki dengan total kapasitas 1,35 juta kl.

Sementara itu, Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) M Ibnu Fajar mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih menanti hasil investigasi Pertamina terkait operasi kilang guna memastikan potensi kerugian dari insiden ini.

Baca Juga: Industri petrokimia turut terdampak kebakaran Kilang Balongan

“Sejauh ini belum terlihat dampak yang signifikan terhadap penyaluran BBM ke masyarakat. BPH Migas terus memonitor coverage of days (COD) dari stok BBM yang dimiliki oleh Pertamina,” jelas dia ketika dihubungi BERITAASLI.COM, Senin (29/3).

Ibnu mengungkapkan kapasitas produksi Kilang Balongan mencapai 125.000 barel per hari (bph). Jumlah ini setara 16% dari total kapasitas kilang nasional.

“Tapi kalau tambah dengan BBM impor mungkin rasionya lebih kecil lagi,” pungkas Ibnu.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts