Pemerintah akan tawarkan KPBU guna bangun Pelabuhan Ambon

Keuangan


ILUSTRASI. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Pemerintah akan menawarkan pembangunan Pelabuhan Ambon dalam skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Pembebasan lahan seluas 200 hektare (ha) akan segera dilakukan untuk pembangunan infrastruktur dasar. Total investasi yang diperlukan untuk pembangunan pelabuhan tersebut mencapai Rp 5 triliun.

“Investasinya kurang lebih Rp 5 triliun, tahap awal untuk Rp 1,3 triliun,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat terbatas, Senin (29/3).

Lebih lanjut, Budi bilang, Pelabuhan Ambon nantinya ditargetkan menjadi sentra lumbung ikan nasional. Di mana, pelabuhan tersebut akan terintegrasi dengan kawasan industri.

Dalam pembangunan yang ditargetkan berjalan selama 2 tahun, pemerintah akan merestrukturisasi penghitungan penangkapan ikan. Hal ini dilakukan agar dapat menjadi dasar dalam menentukan Pelabuhan Yos Sudarso dan Pelabuhan Perikanan Nusantara yang ada saat ini belum optimal.

“Presiden memerintahkan pada kami untuk mempersiapkan dan kami bekerja sama dengan Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan melalui SMI, memberikan suatu konsultasi pada kami,” terang Budi.

Baca Juga: Uni Emirat Arab akan menyuntik Rp 144,71 triliun, INA angkat suara

Kawasan Pelabuhan Ambon yang baru nantinya juga berpeluang untuk diperluas menjadi 900 ha. Budi bilang, pembebasan lahan seluas 700 ha sisanya dapat dilakukan oleh pihak swasta.

Saat kunjungan kerja ke Provinsi Maluku, Presiden Joko Widodo sempat meninjau Pelabuhan Yos Sudarso. Jokowi juga meminta agar pelaku usaha dapat memanfaatkan kawasan industri tersebut.

“Untuk itu saya minta nanti pelaku-pelaku fisheries industry bisa segera mendaftar dan ikut masuk ke dalam lokasi ini sehingga kita memiliki keyakinan bahwa ini bisa jalan,” ujar Jokowi kala itu.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts