Nyeri dada sebelah kanan, pertanda sakit apa?

Kesehatan


BERITAASLI.COM – Jakarta. Sakit dada berupa nyeri di bagian kiri dikenal sebagai pertanda penyakit jantung. Jika sakit atau nyeri dada sebelah kanan, pertanda sakit apa?

Penyebab dada kanan sakit nyeri bisa berasal dari banyak hal; di antaranya masalah pada paru-paru, pencernaan, otot, sampai jantung. Melansir Verywell Health, dada kanan adalah tempat bersemayamnya sebagian sisi kanan jantung, paru-paru sebelah kanan, pembuluh darah besar, kerongkongan, kelenjar getah bening, sampai saraf.

Selain itu, sebagian tulang rusuk juga menempati area dada sebelah kanan. Jika ada masalah dengan bagian tersebut, seseorang bisa merasakan sakit dada sebelah kanan.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab kenapa dada kanan sakit nyeri yang perlu diwaspadai:

1. Stres atau gangguan kecemasan

Dilansir dari Medical News Today, sakit nyeri dada sebelah kanan bisa berasal dari stres ekstrem atau gangguan kecemasan. Keduanya bisa memicu serangan panik dengan gejala mirip serangan jantung. Gejalanya antara lain sakit dada, pusing, jantung berdebar-debar, sampai sesak napas.

Baca juga: Hati-hati! Ini 4 tanda penyakit jantung tanpa gejala yang wajib diwaspadai

2. Otot dada tegang

Terkadang, sakit nyeri dada bagian kanan juga muncul karena otot dada yang menegang. Otot dada bisa menegang lantaran terkilir, efek samping olahraga atau latihan tersentu, atau terkilir. Sakit dada akibat otot tegang ini umumnya mudah sembuh dengan konsumsi obat penghilang rasa sakit atau mengoleskan salep nyeri otot.

3. Cedera atau trauma

Cedera pada bagian dada seperi karena jatuh, dihantam, atau kecelakaan kendaraan bermotor dapat merusak saraf dan pembuluh darah dada. Selain menyebabkan sakit nyeri dada di bagian kanan, cedera atau trauma pada dada dapat merusak jantung, paru-paru, dan organ dalam lainnya. Untuk mencegah komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan, orang yang mengalami cedera atau trauma dada perlu memeriksakan diri ke dokter.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts