Kebakaran di Kilang Balongan berpotensi ganggu investasi kilang nasional

Keuangan


ILUSTRASI. Kawasan Kilang RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat

Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Insiden kebakaran yang terjadi pada tanki gasoline di Kilang Balongan milik Pertamina dinilai berpotensi mengganggu kegiatan investasi sektor kilang.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi menjelaskan, sebagai kilang modern seharusnya Kilang Balongan memiliki sistem pengamanan berlapis.

“Kebakaran itu juga akan menyebabkan investor enggan berinvestasi pada pengembangan kilang di Indonesia,” jelas Fahmy kepada BERITAASLI.COM, Senin (29/3).

Fahmy menambahkan, bukan tidak mungkin proyek RDMP yang tengah digarap Pertamina berpotensi ikut terhambat. Lewat Proyek RDMP Balongan nantinya, akan ada peningkatan kapasitas produksi Kilang Balongan dari semula 125 MBSD menjadi 150 MBSD serta mampu menghasilkan naptha untuk proses lanjut dari 5,29 MBSD menjadi 11,6 MBSD.

Dia pun menekankan proses investigasi harus dilakukan oleh Pertamina guna mencari penyebab utama insiden kebakaran hebat tersebut.

Kendati demikian, Fahmy belum bisa memastikan potensi kerugian dari insiden ini. Yang terang terkait produksi, dengan pelaksanaan shutdown ada Kilang Balongan maka ada potensi kehilangan produksi 400 ribu barel.

Baca Juga: Investigasi penyebab kebakaran tanki Kilang Balongan jadi fokus pemerintah

Pertamina tercatat tengah menggarap sejumlah proyek kilang melalui Refinery Development Master Plant (RDMP) pada 4 unit kilang dan satu proyek Grass Root Refinery (GRR).

Demi mendorong sejumlah proyek updgrading kilang yang ada dan pembangunan kilang baru Pertamina membutuhkan investasi mencapai US$ 40 miliar.

Merujuk catatan BERITAASLI.COM, Proyek RDMP Balongan membutuhkan investasi mencapai US$ 1,2 miliar.

Sementara itu, SVP Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto enggan membeberkan potensi kerugian yang dialami dari insiden kebakaran ini.

“Kerugian tidak (dulu) fokuskan di situ karena fokus di penanganan kebakaran. Kami akan update reguler terkait ini,” jelas dia dalam Konferensi Pers Virtual, Senin (29/3).

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts