Halodoc mencatat kenaikan transaksi layanan konsultasi dokter hingga 10 kali lipat

Keuangan


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Aplikasi kesehatan, Halodoc mengklaim pihaknya mendulang peningkatan instalasi (download) pada platformnya selama masa pandemi Covid-19 sebanyak dua kali lipat sepanjang tahun 2020 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Selain itu, Halodoc juga mencatat kenaikan transaksi layanan konsultasi dokter berbayar hingga hampir 10 kali lipat. 

Felicia Kawilarang, VP Corporate Communication Halodoc mengatakan, hal itu terjadi karena masyarakat melihat platformnya sangat berguna di masa pemberlakuan social distancing. Sehingga Halodoc turut mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan. 

Dia mengatakan, peningkatan serupa juga terlihat pada pengguna aktif Halodoc. Pada puncak masa pandemi, pengguna aktif bulanan Halodoc sempat tembus hingga 20 juta pengguna.

Peningkatan unduhan itu terjadi setelah Kementerian Kesehatan dan BNPB menunjuk Halodoc sebagai platform layanan kesehatan digital untuk akses tes cepat (rapid test) virus corona (Covid-19). Masyarakat bisa memeriksa rapid test lewat mekanisme drive thru (layanan tanpa turun dari kendaraan) untuk masyarakat umum melakukan deteksi dini.

Baca Juga: Aplikasi layanan kesehatan Doclink mencatat volume transaksi capai 250 juta per bulan

Adapun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, transaksi layanan konsultasi dokter berbayar juga turut meningkat hingga hampir 10 kali lipat, disusul peningkatan hingga enam kali dari layanan Toko Kesehatan, serta pertumbuhan layanan Buat Janji yang mencapai tiga kali lipat. “Hal ini membuktikan bahwa layanan tech-health semakin relevan dan Halodoc semakin menjadi andalan masyarakat apalagi di tengah situasi pandemi,” kata Felicia kepada BERITAASLI.COM, Minggu (28/3). 

Dia menambahkan bahwa sampai saat ini Halodoc sudah menggandeng lebih dari 20.000 dokter berlisensi dan teregistrasi yang siap melayani masyarakat kapanpun dan dimanapun. Felicia mengatakan, saat ini layanan Chat dengan Dokter Halodoc sudah dapat  diakses di seluruh Indonesia. Sementara itu layanan Toko Obat juga sudah tersedia di 100 kota/ kabupaten di Indonesia.

Felicia juga menambahkan, saat ini Halodoc juga telah menghadirkan pusat layanan vaksinasi Covid-19 secara drive thru. Lokasi pertama Pos Pelayanan Program Vaksinasi COVID-19  ada di area parkir Hall C JIExpo Kemayoran sejak tanggal 3 Maret 2021 dan berlangsung hingga akhir tahun 2021.

Tak hanya itu, layanan jangka panjang ini juga dibuka di tiga lokasi lainnya yakni Cengkareng (Jakarta), Kota Bogor (Jawa Barat) dan Kota Surabaya (Jawa Timur). “Per 27 Maret 2021, keempat fasilitas ini telah melayani lebih dari 25.000 vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia. Dalam waktu dekat, layanan serupa juga akan dibuka di kota-kota di Indonesia, khususnya di luar DKI Jakarta,” tutupnya. 

Baca Juga: Begini cara pindah faskes BPJS Kesehatan secara online

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts