Vaksin Covid-19 bisa bekerja maksimal jika Anda tak lakukan hal ini

Cari Tahu


BERITAASLI.COM – Semua orang pasti ingin mendapat efek vaksin yang maksimal, kan. Untuk mendapatkannya, Anda perlu memerhatikan beberapa hal. Salah satunya menghindari aktivitas fisik yang berlebihan.

Mengutip dari Best Life, usahakan untuk tidak melakukan olahraga berat dua jam sebelum dan sesudah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Jika Anda melakukan kegiatan itu, aliran vaksin dalam tubuh Anda akan terganggu.

Vaksin masuk ke tubuh pertama kali melalui otot. Setelah itu, vaksin akan masuk ke aliran darah supaya sistem imun tubuh bisa melawan virus corona.

Baca Juga: 10 juta bahan baku vaksin Sinovac diperkirakan akan tiba di Indonesia bulan depan

Namun, saat Anda melakukan olahraga, aliran tersebut berpotensi mengalami gangguan. Olahraga menyebabkan denyut jantung meningkat sehingga aliran darah menuju otot meningkat pula.

Hal itu menyebabkan aliran darah yang membawa vaksin mengalir lebih cepat. Supaya tidak mengalami efek samping yang tidak diinginkan, cobalah untuk menghindari hal tersebut.

Selain itu, olahraga berat juga memicu kemunculan stres dalam tubuh. Saat hal itu terjadi, efektivitas sistem imun tubuh untuk mengadopsi kemampuan vaksin dapat berpengaruh.

Tidak hanya olahraga berat, Anda pun perlu menghindari aktivitas lain yang cukup berat.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 dilarang diberikan ke usia 18-59 tahun jika ada 3 faktor ini

Anda tetap bisa berolahraga sebelum mendapat vaksin Covid-19. Syaratnya, Anda perlu melakukan hal itu 24 jam sebelum jadwal vaksin.

Selain itu, mencukupi waktu tidur yang berkualitas juga bisa meningkatkan efektivitas vaksin karena mampu menguatkan sistem imun tubuh Anda.

Untuk mengurangi rasa sakit di bagian tubuh yang menjadi bekas suntikan, Anda perlu menggerakkan lengan. Tujuannya, agar tidak ada lebih banyak darah yang mengalir ke lengan sehingga rasa sakit dan rasa tidak nyaman bisa bekurang.

Setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19, Best Life merekomendasikan Anda untuk tetap mengontrol efek samping vaksin yang Anda alami. Selain itu, cobalah untuk melakukan olahraga ringan.

Misalnya, berjalan di taman atau melakukan gerakan yoga yang tidak membutuhkan banyak energi.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts