Terusan Suez masih mampet, militer AS tawarkan bantuan ke Mesir

Keuangan


ILUSTRASI. Kapal kontainer Ever Given yang karam di Terusan Suez

Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Amerika Serikat menawarkan bantuan kepada Mesir untuk mengeluarkan kapal kontainer raksasa yang tersangkut dan memblokir jalur di Terusan Suez. 

Seperti diketahui, jalur Terusan Suez macet sejak Selasa (23/3) karena kapal Ever Given atau kapal Evergreen sesuai nama operatornya, tersangkut dengan posisi diagonal dan menutup akses kanal. 
“Sebagai bagian dari dialog diplomatik aktif kami dengan Mesir, kami telah menawarkan bantuan AS kepada otoritas Mesir untuk membantu membuka kembali kanal,” kata Juru Bicara Gedung Putih, Jen Psaki, dikutip dari AFP. 

“Kami sedang berkonsultasi dengan mitra Mesir kami tentang bagaimana kami dapat mendukung upaya mereka dengan sebaik-baiknya,” katanya seraya menyebut konsultasi itu sedang berlangsung. 
Kapten Angkatan Laut AS Bill Urban, yang juga juru bicara Komando Pusat AS untuk operasi di Timur Tengah mengatakan, mereka siap bertugas jika diminta. 

“Kami telah menawarkan dan siap membantu Mesir, dan akan mendukung setiap permintaan khusus yang kami terima. Kami terus memantau dan menilai situasi, tetapi tidak memiliki apa pun untuk memberikan dukungan spesifik yang potensial saat ini,” ujarnya. 

Salah satu misi utama Komando Pusat AS di wilayah itu adalah melindungi lalu lintas kapal komersial. 

Baca Juga: Kemacetan pengiriman terburuk di dunia, Terusan Suez masih terblokir

Menurut seorang anggota Kemenhan AS yang enggan disebut namanya, Washington menawarkan mengirim tim ahli Angkatan Laut untuk membantu evakuasi kapal Ever Given atau kapak Evergreen. 

Jika Mesir membuat permintaan resmi, tim bisa berangkat pada Sabtu (27/3) dari Bahrain, pangkalan regional Armada ke-5 AS. 

Sejauh ini, kata dia, belum ada persetujuan tentang perintah tersebut. Militer AS juga dapat memberikan dukungan serta saran kepada kapal-kapal Terusan Suez, yang harus memutar di sekitar ujung selatan Afrika dan melintasi perairan rawan bajak laut. 

“Kami bisa memberi saran, tapi kami tidak bisa mengawal mereka semua,” imbuhnya. (Aditya Jaya Iswara)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Terusan Suez Terblokir, Militer AS Siap Bantu Keluarkan Kapal Ever Given”.

 

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts