Ditunda, pengiriman vaksin AstraZeneca gelombang kedua dan ketiga ke Indonesia

Keuangan


ILUSTRASI. Vaksin COVID-19 Astrazeneca

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihak Covax-GAVI selaku penyedia vaksin AstraZeneca untuk Indonesia memutuskan menunda pengiriman vaksin itu ke Tanah Air.

Penundaan yang dimaksud menyasar dua kali rencana pengiriman vaksin pada Maret dan April 2021 atau gelombang kedua dan ketiga.

“Jadwalnya kita dapat vaksin gratis dari Covax-GAVI sudah dapat kemarin vaksin AstraZeneca gratis 1,1 juta dosis. Selanjutnya rencananya akan datang lagi 2,5 juta pada 22 Maret dan 7,8 juta dosis pada April,” ujar Budi dalam konferensi pers virtual pada Sabtu (27/3/2021) malam.

“Ternyata ini pending. Tertunda karena ada isu India embargo vaksin,” lanjutnya.

Baca Juga: Luhut Panjaitan berharap Bali bisa terima 1,5 juta vaksin AstraZeneca

Budi mengatakan, saat ini kasus Covid-19 di India sedang kembali naik sehingga otoritas setempat tidak mengizinkan vaksin keluar dari negaranya. Budi menambahkan, pihak Covax-GAVI akan mengonfirmasi kembali pengiriman AstraZeneca setelah ditunda.

“Sebab AstraZeneca ini paling besar dibikin di India. Karena inilah, Covax-GAVI merealokasikan lagi pembagiannya. Sehingga mereka menunda pengiriman untuk Maret-April,” lanjutnya.

Adapun Vaksin AstraZeneca mulai digunakan sejak Senin (22/3/2021) di sejumlah daerah di Jawa Timur. Vaksin AstraZeneca telah disuntikkan ke Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, Hasan Mutawakkil Alallah dan sejumlah ulama lain.

Ada enam provinsi lain yang menerima distribusi vaksin AstraZeneca. Keenamnya yakni DKI Jakarta, Bali, NTT, Kepulauan Riau, Maluku dan Sulawesi Utara. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menkes: Pengiriman Vaksin AstraZeneca Gelombang Kedua dan Ketiga ke Indonesia Ditunda”

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts