Begini strategi platform penjualan emas memperluas pasar

Keuangan


ILUSTRASI. Emas sebagai aset safe haven masih dilirik karena ekonomi yang belum menunjukkan pemulihan.

Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Wahyu T.Rahmawati

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Harga emas sedang turun. Harga emas batangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam), pada hari Jumat (26/3) turun Rp 3.000 menjadi Rp 921.000 per gram.

VP Business Development dan Marketing platform penjualan digital emas PT Tamasia Global Sharia Rendy Alfuadi mengklaim bahwa secara year-on-year (yoy) penjualan emas di kuartal pertama 2021 ini meningkat. Rendy menilai, penjualan emas secara digital tahun ini akan positif karena kemudahan membeli dan tidak harus membeli dalam bentuk fisik. Sehingga dia menilai peminatnya akan semakin bertambah.

“Kalau dibandingkan kuartal satu 2020 tentu lebih baik, karena memang ibaratnya orang udah lebih banyak yang sadar emas digital itu aman, karena ketika di awal kita merintis, apalagi di tahun lalu orang masih ragu untuk bertransaksi emas digital,” ujar dia kepada BERITAASLI.COM Jumat (26/3).

Associate Community & PR Manager Pluang Priscilla Siregar memandang peluang emas digital di tahun ini masih dalam jalur yang positif. Emas sebagai aset safe haven masih dilirik karena ekonomi yang belum menunjukkan pemulihan.

Baca Juga: Produk mulia arisan Pegadaian dinilai masih menarik saat harga emas turun

Tamasia menilai di tahun lalu cukup unik karena harga emas naik signifikan dan semua instrumen keuangan melemah karena pandemi corona. Hal ini yang membuat situasi emas di tahun 2020 membuat banyak peminatnya. “Di tahun 2020 peningkatan harga emas bisa 30%-40% itu terjadi karena supply-demand ya, ketika orang mengamankan asetnya, para pengusaha mengamankan asetnya pada emas, supply emas sedikit demand semakin membanyak, sehingga harganya naik drastis,” ujar Rendy.

Pluang menargetkan di tahun ini perkembangannya sama dengan tahun lalu. “Terhitung sejak Maret 2019, dengan dana US$ 3 juta, kami bisa menghasilkan lebih dari 1 juta pengguna. Di tahun 2020, growth lebih dari 20x lipat hal ini mungkin juga karena masa pandemi kemarin yang menyebabkan masyarakat jadi lebih rajin berinvestasi. Kami optimis di tahun ini kami dapat mencapai paling tidak sama dengan pertumbuhan tahun 2020,” kata Priscilla.

Baca Juga: Harga emas tergelincir ke US$ 1.724 per ons troi pada tengah hari ini

Sedangkan Tamasia menargetkan user tiga kali lipat dari tahun lalu. Tamasia akan berkolaborasi dengan perusahaan digital lainnya dan menambah partnership dengan influencer. Tamasia juga mengeluarkan produk baru bulan depan. “Kami sedang developing, dengan harapan banyak masyarakat untuk lebih tertarik lagi menabung di Tamasia,” kata Rendy.

Pluang akan banyak menggelar edukasi finansial. “Tujuan kami adalah untuk memberikan orang-orang pilihan beberapa kelas aset dalam 1 aplikasi. Mungkin secara B2B partner, tahun ini kami akan menambah 1-2 partner lagi,” tutup Priscilla.

Baca Juga: Harga emas Antam turun Rp 3.000 menjadi Rp 921.000 per gram pada hari ini (26/3)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts