Jangan cemas! Jika tak lolos Prakerja gelombang 15, masih ada pendaftaran berikutnya

Keuangan


ILUSTRASI. Manajemen pelaksana program Kartu Prakerja telah mengumumkan peserta yang lolos seleksi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 15 sebanyak 600.000 orang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Pada Rabu (24/3/2021) siang, manajemen pelaksana program Kartu Prakerja telah mengumumkan peserta yang lolos seleksi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 15 sebanyak 600.000 orang. 

Menurut Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, saat ini total sudah ada 2,4 juta peserta program prakerja yang lolos seleksi. Jumlah ini mendekati target peserta di semester I 2021 yang sebanyak 2,7 juta orang. 

“Sebanyak 600.000 (yang lolos). Jadi, dari gelombang 12-15 sudah direkrut 2,4 juta orang dari target semester 1 sebesar 2,7 juta orang,” jelas Luoisa. 

Dengan demikian, saat ini masih tersisa 300.000 kuota bagi peserta pendaftaran program prakerja gelombang selanjutnya atau gelombang 16. Meski demikian, Louisa belum mengungkapkan kapan dan berapa kepastian jumlah kuota yang akan dibuka untuk pendaftaran gelombang 16 nanti. 

Baca Juga: Kartu Prakerja gelombang 15 sudah dibuka, ini besaran insentif dan persyaratannya

Sementara itu, dilansir dari pemberitaan sebelumnya, bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Nantinya, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan. 

Lebih lanjut, peserta akan menerima beberapa manfaat yang bisa didapat, yaitu saldo pelatihan dan insentif. Untuk insentif, ada dua yang akan didapatkan yakni insentif biaya mencari kerja, sebesar Rp 600.000 perbulan selama empat bulan dan insentif pengisian survei evaluasi, sebesar Rp 50.000 per survei. 

Baca Juga: Tidak lolos Kartu Prakerja 2021? Ini penyebabnya

Selain itu peserta juga akan mendapatkan saldo pelatihan Prakerja yang bisa digunakan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan. Besarannya adalah Rp 1.000.000,- 

Adapun uang insentif dapat dicairkan sementara biaya pelatihan tidak bisa dicairkan. 

Biaya pelatihan hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan yang disediakan mitra Prakerja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Tak Lolos Prakerja Gelombang 15? Masih Ada Kuota untuk Pendaftaran Berikutnya”
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Diamanty Meiliana

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts