Beijing larang pegawai negeri dan militer China pakai mobil Tesla

Keuangan


ILUSTRASI. Pemerintah China melarang pegawai pemerintahan China seperti pegawai negeri sipil dan militer, menggunakan mobil Tesla. REUTERS/Fabrizio Bensch

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BERITAASLI.COM – BEIJING. Baru-baru ini, Pemerintah China merilis aturan baru yang membatasi penggunaan mobil listrik Tesla di negaranya. Peraturan ini secara khusus melarang pegawai pemerintahan China seperti pegawai negeri sipil dan militer, menggunakan mobil Tesla. 

Menurut laporan Wall Street Journal, kebijakan tersebut berasal dari kekhawatiran Pemerintah China bahwa Tesla menggunakan mobilnya untuk melakukan mata-mata. 

Dugaan ini muncul karena Tesla tidak mengikuti persyaratan yang ditetapkan pemerintah, soal operasi mobil listrik di sana. 

Sebagai informasi, di China ada peraturan yang mengamanatkan perusahaan mobil listrik termasuk mobil hibrida listrik untuk berbagi data mengemudi real-time (seperti lokasi kendaraan dan penggunaan baterai) kepada pihak berwenang. Aturan inilah yang tidak diikuti oleh Tesla. 

Baca Juga: Tak diduga, mobil listrik ini terlaris melampaui Tesla Model 3

Sebagai kendaraan modern, mobil bikinan Tesla dilengkapi sensor dan kamera canggih. Adapun kedua fitur tersebut digunakan untuk membantu mobil dalam mendeteksi keadaan lalu lintas di jalan saat mengaktifkan mode mengemudi otomatis (auto-pilot). 

Namun, Pemerintah China memandang mobil Tesla tak ubahnya seperti robot mata-mata. Pihaknya mengaku khawatir akan sensor kamera mobil Tesla yang dapat digunakan untuk merekam segala aktivitas di China yang kemudian dikirimkan ke AS. 

Baca Juga: Elon Musk sebut Tesla akan ditutup jika mobilnya dipakai untuk memata-matai China

Akibatnya seluruh pegawai lembaga pemerintahan China dilarang untuk mengendarai Tesla. Munculnya peraturan ini juga akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis Tesla di China. Sebab, China merupakan salah satu pasar yang besar bagi Tesla. 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts