4 Rekomendasi obat susah BAB yang ada di sekitar Anda

Kesehatan


BERITAASLI.COM – JAKARTA. Susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu masalah sistem pencernaan yang umum terjadi. Tidak hanya mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, sembelit yang dibiarkan juga bisa mengganggu kesehatan. Untuk menghindari hal itu, ada banyak obat susah BAB yang bisa Anda gunakan.

Pertama, Anda perlu melakukan olahraga secara rutin. Olahraga dan aktivitas fisik lainnya mampu menggerakkan makanan dalam sistem pencernaan dengan lebih efektif. Maka dari itu, usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari.

Jenis olahraga yang perlu Anda lakukan tidak perlu terlalu berat. Jika Anda belum memiliki kebiasaan itu, cobalah untuk berjalan minimal 30 menit dalam sehari. Selain olahraga, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit.

Buah Prem dan Kismis

Mengutip dari Best Health (besthealthmag.ca), kismis dan buah prem kering bisa jadi obat susah BAB. Jenis buah itu mengandung banyak serat dan senyawa yang efektif menstimulus gerakan saluran pencernaan. Tidak hanya itu, kismis juga memiliki efek laksatif alami sehingga feses lebih mudah dikeluarkan.

Baca Juga: 8 Manfaat minum air hangat untuk kesehatan

Perbanyak Asupan Serat

Oatmeal termasuk salah satu obat susah BAB karena mengandung banyak serat.

Salah satu penyebab sembelit adalah tubuh kekurangan serat. Maka dari itu, usahakan untuk memperbanyak asupan serat supaya jadwal buang air besar tetap lancar. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih sebagai sumber serat.

Mulai dari sereal, oatmeal, hingga biji-bijian. Jika Anda belum terbiasa mengonsumsi sereal, cobalah untuk mengonsumsinya dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari penumpukan gas yang menyebabkan perut kembung dan kram.

Minyak Jarak

Best Health merekomendasikan minyak jarak untuk mengatasi sembelit yang sedang Anda alami. Kandungan dalam minyak jarak mampu menstimulasi gerakan usus besar dan usus kecil. Anda hanya perlu mengonsumsi 1-2 sdt minyak jarak saat perut Anda masih kosong.

Baca Juga: Jangan lengah, ini 4 penyebab BAB berdarah yang perlu Anda waspadai

Air Hangat

Air hangat juga termasuk dalam obat susah BAB, lo. Tak hanya air putih biasa, Anda juga bisa mengonsumsi teh hangat di pagi hari supaya sisa makanan yang mengendap di sistem pencernaan bisa dikeluarkan.

Ada banyak pilihan teh yang bisa Anda coba. Misalnya, teh herbal atau teh tanpa kafein. Air hangat yang dicampur dengan air lemon juga bisa Anda pilih. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena jenis minuman itu memiliki sifat diuretik.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts