Jelang tengah hari, rupiah berbalik menguat 0,03% ke level Rp 14.403 per dolar AS

Keuangan


ILUSTRASI. Petugas teller memperlihatkan mata uang rupiah pecahan Rp 100 ribu di salah satu bank di Tangerang Sealtan, Rabu (18/11). /pho BERITAASLI/Carolus Agus waluyo/18/11/2020.

Reporter: Hikma Dirgantara, Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Kurs rupiah berbalik menguat jelang tengah hari ini. Mengutip Bloomberg pada pukul 11.22 WIB, rupiah bertengger di level Rp 14.403 per dolar AS.

Artinya rupiah sudah menguat 0,03% dari penutupan hari kemarin di level Rp 14.407 per dolar AS.

Rupiah hari ini sendiri dinilai berpotensi melanjutkan tren penguatan. Sentimen eksternal masih akan mendominasi pergerakan rupiah pada hari ini.

Baca Juga: Kembali menguat, berapa kurs dollar-rupiah di BRI, hari ini Selasa 23 Maret 2021?

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf menjelaskan, terdapat sedikit kabar baik dari Amerika Serikat (AS), yakni digelarnya pidato dari petinggi The Fed serta Menteri Keuangan AS Janet Yellen. 

Ia menilai, pasar saat ini sedang menunggu pernyataan untuk mempertegas sikap para petinggi tersebut.

“Walau pada FOMC meeting pada pekan lalu The Fed sudah menyatakan masih akan memberi kebijakan akomodatif, pasar masih tetap berharap ada sedikit informasi ataupun sikap yang lain dari Jerome Powell. Apakah kembali mempertegas hasil FOMC meeting atau justru memberi pernyataan yang baru,” kata Alwi ketika dihubungi BERITAASLI.COM, Senin (22/3).

Para pelaku pasar berharap pernyataan dari Powell ataupun Yellen bisa meredakan kekhawatiran pasar di tengah kenaikan imbal hasil US Treasury. 

Baca Juga: Kurs dollar-rupiah di Bank Mandiri hari ini Selasa 23 Maret, cek sebelum tukar valas

Dari sentimen global lainnya, ada keputusan mengejutkan Presiden Turki Erdogan yang memecat kepala bank sentral Turki, Naci Agbal. Pemecatan ini menimbulkan kekhawatiran bahwa Turki akan kembali menurunkan suku bunga secara prematur, padahal Agbal justru dianggap tengah berusaha mengembalikan kredibilitas bank sentral Turki.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts