Harga emas spot turun 35% ke level US$ 1.732 per ons troi pada Selasa (23/3) pagi

Keuangan


ILUSTRASI. Emas batangan. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo

Reporter: Anna Suci Perwitasari, Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Harga emas masih meredup pada Selasa (23/3) pagi ini. Mengutip Bloomberg pada pukul 09.24 WIB, harga emas spot bertengger di level US$ 1.732,87 per ons troi alias melemah 0,35%.

Sementara harga emas berjangka Comex untuk pengiriman Juni 2021 turun 35% ke level US$ 1.734,30 per ons troi.

Harga emas usai koreksi pada dolar Amerika Serikat (AS) dan yield US Treasury yang melonggar karena penguatan di pasar saham.

Baca Juga: Susut! Selisih harga emas Antam dan buyback Rp 121.000 per gram, 23 Maret 2021

“Harga emas seharusnya bisa menguat tetapi tidak. Itu benar-benar menunjukkan pasar emas lemah jika korelasi normal (seperti dolar yang lebih lemah) terjadi,” kata David Madden, analis di CMC Markets Inggris. 

Dia menambahkan, dengan posisi saat ini, emas bisa tergelincir lebih jauh jika dolar AS dan imbal hasil pada obligasi AS menguat.

Emas sebelumnya sempat anjlok 1% karena investor berbondong-bondong masuk ke dolar AS dan obligasi pemerintah, di tengah ketakutan karena keputusan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mengganti Gubernur Bank Sentral Turki setelah tetap mempertahankan kebijakan suku bunga tinggi.

“Jika warga (Turki) khawatir bahwa lira lemah,mereka ingin membeli dolar AS atau emas, tetapi di sinilah ketakutan datang – bahwa kontrol modal akan menghentikan masuknya uang negara, mungkin sulit bagi orang untuk mendapatkan untuk dolar, dan sebagai gantinya emas, dalam beberapa minggu ke depan,” jelas Madden.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts