Belasan jet Sukhoi Su-27 Rusia gelar latihan pencegatan musuh di atas Laut Baltik

Keuangan


ILUSTRASI. Pesawat tempur Sukhoi milik Rusia terbang melintasi pusat kota Moskow.

Sumber: TASS | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

BERITAASLI.COM – MOSKOW. Sadar akan tingginya risiko gangguan di udara, lebih dari 10 armada jet tempur Sukhoi Su-27 milik Angkatan Laut Rusia mulai melakukan latihan intens yang berfokus pada misi pencegatan.

Kantor berita TASS mengabarkan bahwa belasan jet tempur Su-27 ini dikerahkan oleh Armada Baltik Angkatan Laut Rusia. Pada hari Senin (22/3), kantor pers Armada melaporkan latihan dimulai di wilayah Kaliningrad.

Dalam laporannya, disebutkan bahwa latihan penerbangan taktis terencana melibatkan lebih dari 10 pesawat tempur Su-27 dari resimen penerbangan dari aviasi angkatan laut Armada Baltik.

Selama latihan yang akan berlangsung hingga akhir pekan ini, awak pesawat tempur Su-27 akan berfokus pada misi pencegatan pesawat musuh di atas udara. Sukhoi Su-27 sendiri memang unit pesawat yang selama ini sering digunakan untuk tugas tersebut.

Lebih lanjut, pesawat tempur andalan Rusia ini juga akan melakukan serangan elektronik terhadap rudal jelajah dan pembom strategis musuh.

Tidak hanya di udara, semua pilot dan personel yang ada di darat juga dilatih kesiapan serta kesigapannya dalam merespons seragan darurat. Persiapan mengambil tindakan untuk menghindari serangan musuh serta kecepatan persiapan lapangan udara juga menjadi fokus.

Baca Juga: Sukhoi Rusia sibuk adang pesawat tempur AS di Laut Hitam dan Laut Baltik

Dalam siaran persnya, armada militer Rusia wilayah Baltik ini mengatakan bahwa tujuan utama dari latiihan ini adalah untuk memeriksa kesiapan personel penerbangan. Rusia sepertinya mulai menyoroti tingginya tingkat kehadiran militer NATO dalam beberapa bulan terakhir di wilayah tersebut.

“Tujuan dasar dari latihan ini adalah untuk memeriksa kesiapan personel penerbangan untuk menyelesaikan pertempuran, serta mempraktikkan metode operasi baru yang sepenuhnya menggunakan kemampuan tempur pesawat,” tulis armada Baltik dalam siaran persnya, dikutip dari TASS.

Dalam beberapa bulan terakhir pesawat tempur Su-27 cukup sibuk mencegat pesawat asing yang melintas di atas Laut Baltik, terutama dari AS dan sekutunya di NATO.

Berbagai jenis pesawat tercatat telah mendekat ke perbatasan Rusia dalam setengah tahun terakhir. Mulai dari pesawat pesawat patroli Р-8А Poseidon hingga pesawat pembom strategis B-1B Lancer milik AS.

Pesawat patroli maritim Orion P-3C milik Jerman, pesawat pengintai Boeing RC-135 milik Inggris, serta pesawat pengintai Gulfstream milik Swedia juga sempat mampir ke wilayah itu dalam lanjutan latihan gabungan NATO tahun lalu.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts