Vaksinasi Covid-19 sudah bergulir, masyarakat diminta tetap disiplin terapkan prokes

Kesehatan


BERITAASLI.COM – JAKARTA. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan disiplin protokol kesehatan adalah melalui kegiatan di posko daerah dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro.

Pemerintah menyebutkan, dalam kurun waktu satu pekan terakhir, sebanyak 115 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menggunakan masker mencapai 91% – 100%. Lalu, 144 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menggunakan masker mencapai 76% – 90%, dan 88 kabupaten/kota memiliki tingkat kepatuhan menggunakan masker mencapai 61% – 75%. Namun, masih terdapat 76 kabupaten/kota yang memiliki tingkat kepatuhan menggunakan masker mencapai kurang dari 60%.

Melihat hal tersebut, praktisi kesehatan Zaenal Abidin meminta masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan yang salah satunya menggunakan masker. Sebab, penggunaan masker bisa menjadi upaya untuk mencegah penularan Covid-19 terjadi.

Baca Juga: Bulan depan, 13 juta vaksin Sinovac dan AstraZeneca akan kembali tiba di Tanah Air

Penggunaan masker ini harus menjadi salah satu kebiasaan dalam kondisi saat ini. Karena pada dasarnya penggunaan masker bukan hanya untuk melindungi diri sendiri, namun juga orang lain.

“Disiplin protokol kesehatan itu penting,” ujar Zaenal ketika dihubungi, Senin (22/3).

Mantan Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ini mengatakan, pentingnya penerapan prokes dalam berbagai aktivitas yang dilakukan. Gaya hidup sehat misalnya melalui olahraga dan istirahat yang cukup diterapkanya. Oleh karena itu, pencegahan penularan mesti dilakukan semua pihak.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengatakan, upaya penanganan covid-19 dilakukan secara bersamaan melalui penerapan 3M, 3T, vaksinasi dan penerapan PPKM mikro. Kebijakan ini perlu didukung dan dilaksanakan semua lapisan masyarakat agar upaya yang selama ini telah dijalankan tidak menjadi sia-sia.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts