Turun 0,87% pada awal pekan, IHSG diprediksi melemah terbatas pada Selasa (23/3)

Keuangan


ILUSTRASI. Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Reporter: Nur Qolbi | Editor: Herlina Kartika Dewi

BERITAASLI.COM – JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terkoreksi 0,87% ke level 6.301,13 pada perdagangan Senin (22/3). Penurunan ini sejalan dengan mayoritas indeks saham di Asia yang ditutup di zona merah.

Analis Phillip Sekuritas Anugerah Zamzami Nasr mengatakan, pergerakan negatif IHSG dipengaruhi sentimen lonjakan kasus Covid-19 di Eropa. Pasalnya, peningkatan kasus ini memicu kekhawatiran investor terhadap adanya gelombang ketiga pandemi Covid-19 yang memungkinkan pemberlakuan lockdown kembali.

Selain itu, investor juga masih mencerna arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) setelah The Fed memperkirakan bahwa inflasi AS dapat mencapai 2,4%, lebih tinggi dibandingkan perkiraan sebelumnya yang sebesar 1,8%. 

“Investor juga masih memantau perkembangan tingkat yield obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun,” kata Zamzami saat dihubungi BERITAASLI.COM, Senin (22/3).

Baca Juga: IHSG melemah 0,87% ke 6.301 di perdagangan Senin (22/3), asing lepas BBCA, ASII, BBRI

Menurut Zamzami, sektor yang menjadi pemberat IHSG pada hari ini adalah sektor keuangan, infrastruktur, dan barang konsumsi. Sementara saham-saham yang memberatkan IHSG hari ini adalah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Astra International Tbk (ASII), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI), dan PT Bank Jago Tbk (ARTO).

Untuk perdagangan Selasa (23/3), Zamzami memprediksi, IHSG akan melemah terbatas dengan support di level 6.290 dan resistance 6.388. Zamzami melihat, investor masih akan memantau tingkat yield obligasi pemerintah AS serta dampak kenaikan kasus Covid-19 di Eropa terhadap pemulihan ekonomi Uni Eropa.

“Investor juga akan memperhatikan, apakah merosotnya nilai tukar Lira Turki akan menjalar ke mata uang emerging market lainnya,” kata Zamzami.

Menurut dia, saham-saham yang menarik dicermati pada perdagangan esok hari adalah PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA), PT Bank BTPN Syariah Tbk (BTPS), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), dan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA).

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts