Astra Honda Motor bidik pertumbuhan penjualan sepeda motor 10% di tahun 2021

Keuangan


ILUSTRASI. PT Astra Honda Motor (AHM)

Reporter: Vina Elvira | Editor: Handoyo .

BERITAASLI.COM – JAKARTA. PT Astra Honda Motor (AHM) optimistis membidik pertumbuhan penjualan sepeda motor hingga 10% di tahun ini. 

Berdasarkan data yang dihimpun BERITAASLI.COM, realisasi penjualan sepeda motor Honda di tahun 2020 adalah sebesar 2,9 juta unit. Artinya, jika tahun ini AHM membidik pertumbuhan 10%, maka target penjualan di tahun 2021 kurang lebih berada di angka  3,19 juta unit. 

GM Corporate Communication PT AHM Ahmad Muhibbuddi mengungkapkan, program vaksinasi Covid-19 yang tengah digencarkan oleh pemerintah dapat menggairahkan kembali industri motor yang sempat lesu akibat pandemi Covid-19. 

“Dengan harapan program vaksinasi masal dapat membantu pemulihan ekonomi di dalam negeri maupun yang saat ini juga tengah berlangsung di negara lain,” ungkap Ahmad kepada BERITAASLI, Minggu (21/3).

Baca Juga: AISI targetkan penjualan sepeda motor mencapai 4,3 juta unit di tahun 2021

Muhib mengatakan, angka penjualan sepeda motor Honda secara year to date (ytd) pada periode Januari – Februari 2021 tercatat sebesar 595,816 unit. “Penjualan motor Honda pada bulan Februari 2021 tercatat sebesar 290.863 unit atau menurun 4,62% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 304.953 unit,” sebut Muhib.

Di sisi lain, data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebut, penjualan sepeda motor domestik secara ytd pada periode Januari-Februari 2021 berada di angka 772 ribu unit. Jika dibandingkan dengan data dari AISI, artinya AHM memegang 77% dari total penjualan sepeda motor domestik pada periode Januari-Februari 2021. 

Meskipun begitu, tambah Muhib, penjualan sepeda motor AHM pada periode Februari 2021 sebenarnya masih terkoreksi menurun jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. “Penjualan motor Honda pada bulan Februari tercatat sebesar 290.863 unit, atau menurun 4,62% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 304.953 unit,” jelas Muhib. 

Disebutkan bahwa sepeda motor jenis skuter matik masih menjadi favorit bagi para pengguna sepeda motor, dan juga memiliki penjualan tertinggi dibanding dengan jenis sepeda motor lain yang diproduksi AHM. “Pangsa pasar skutik (skuter matik)  lebih 80%, dan kami akan rilis beberapa model baru untuk penuhi kebutuhan konsumen,” pungkasnya. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAASLI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts